MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Snowball Throwing kelas IV semester 2 SD Negeri I Kertodeso; (2) peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa 61,25% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 76,25% dengan indikator aktivitas pembelajaran ≥ 70%; (2) prestasi belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 60% dan rerata kelas 70,2 pada siklus I menjadi 86,67% dan rerata kelas 82,3 pada siklus II dengan indikator ketuntasan klasikal ≥ 75% dengan nilai KKM 68.
Kata kunci: Snowball Throwing, aktivitas belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.