PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar menggunakan metode problem solving di kelas VII D SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi konsentrasi belajar dan soal tes yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan konsentrasi belajar, yang akhirnya meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I menunjukan persentase konsentrasi belajar 64,69%, rerata hasil belajar 67,19 dan nilai ketuntasan 62,5%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi persentase konsentrasi belajar 73,37%, rerata hasil belajar 78,13 dan nilai ketuntasan sebesar 81,25%.
Kata kunci: konsentrasi belajar, problem solving, hasil belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.