ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELASAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal program linear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan Teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Purworejo tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 11 SMA Negeri 11 Purworejo melakukan 5 bentuk kesalahan yang terdapat dalam Teori Newman dalam menyelesaikan soal program linear dan kesalahan yang banyak dilakukan adalah process skills errors dengan sebanyak setengah dari siswa yang diteliti melakukan kesalahan tersebut, dan hal ini disebabkan karena siswa tidak menyelidiki atau membuat daerah penyelesaian dari soal yang diberikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v49i1.8775
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.