PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif dengan pendekatan etnomatematika dan mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Melalui tahapan pengembangan tersebut dihasilkan produk berupa modul interaktif dengan pendekatan etnomatematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan dianalisis secara statistik deskriptif dengan beberapa tahapan. Pada prinsipnya, pengenalan konsep matematika pada modul interaktif yang dikembangkan ini adalah dengan menggunakan bentuk-bentuk benda budaya sebagai model untuk menjelaskan konsep bangun ruang sisi datar. Selain itu, info-info budaya juga diberikan untuk menambah wawasasan dan nilai-nilai budaya sebagai produk akhir budaya. Berdasarkan analisis data penelitian, penilaian ahli materi menunjukkan modul dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata aspek 4,22, penilaian ahli media dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata aspek 4,00 dan penilaian kepraktisan menunjukkan kategori baik dengan skor akhir kepraktisan 3,92. Selain itu, hasil ketuntasan siswa meningkat menjadi 87,50% setelah diterapkan pembelajaran dengan modul pembelajaran interaktif tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, modul interktif ini dikatakan valid dan praktis serta perlu diuji pada subjek yang lebih besar untuk melihat keefektifan modul interktif ini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v48i1.8605
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.