PENINGKATAN SELF REGULATED LEARNING DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SDM PADA SMP NEGERI 36 PURWOREJO

Asri Primastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan self regulated learning matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods; (2) Peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi self regulated learning (kemandirian belajar) dan tes prestasi belajar. Teknis analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa self regulated learning (kemandirian belajar) dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods memgalami peningkatan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejomelalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase hasil observasi self regulated (kemandirian) pada siklus I sebesar 62% dengan katagori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81% dengan kategori baik. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods juga mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan rerata nilai tes prestasi belajar pada siklus I sebesar 63% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81% dengan kategori tuntas KKM. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriterium Kelulusan Minimal yaitu 70 maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v48i1.8602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.