HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 KEPIL

Ariningtyas Devi Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 1 Kepil. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam kategori baik. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa dalam kategori kurang baik. Dalam hipotesis asosiatif diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu 0,32. Nilai koefisien korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika dalam tingkatan hubungan rendah. Selanjutnya untuk mengetahui signifikansi perhitungan menggunakan uji t diperoleh t_hitung=2,97. Nilai t_hitung tersebut dibandingkan dengan t_tabel=1,98, karena 2,97>1,98 maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i4.8597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.