DESKRIPSI KESALAHAN SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Wiwiriyanti .

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Purworejo. Subjek penelitian ini yaitu siswa yang bergaya belajar visual yang dipilih dengan teknik purposive yang dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Reduksi, Pennyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita matematika sebagai berikut: (1) Siswa melakukan kesalahan membaca yaitu siswa salah dalam menuliskan informasi dalam soal.(2) Siswa melakukan kesalahan transformasi yaitu siswa tidak melakukan langkah transformasi dan siswa salah dalam melakukan pemisalan. (3) Siswa melakukan kesalahan keterampilan prosesyaitu siswa melakukan kesalahan pada saat melakukan kaidah operasi hitungdan siswa tidak mengetahui langkah-langkah penyelesaian atau proses pelaksanaan salah. (4) Siswa melakukan kesalahan penuliskan jawaban akhir yaitu siswa salah dalam menemukan jawaban akhir dan siswa tidak menuliskan kesimpulan jawaban akhir.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i2.8570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.