PENGUASAAN STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PACAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR SWASTA

Ika Septiani, Budiyono, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Purworejo dalam Standar Kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah memenuhi KKM ideal 75 atau tidak. Populasi penelitian berjumlah 234 siswa dan sampel berjumlah 126 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah ProportionateRandom Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen penelitian sebanyak 25 soal dari Standar Kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji‐t. Dari pengolahan data dengan α= 5% dan diperoleh nilai . Dari perhitungan uji‐t diperoleh . Sehingga disimpulkan bahwa penguasaan siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta di Kecamatan Purworejo dalam Standar Kompetensi meng gunakan pecahan dalam pemecahan masalah pada tahun pelajaran 2012/2013 belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) ideal 75.

Kata kunci: Penguasaan Standar Kompetensi, Pecahan, dan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.