EKSPERIMENTASIMETODE PROBLEMBASED LEARNING DENGANMIND MAPPING DANCERAMAHDENGAN MIND MAPPINGTERHADAPPEMAHAMANKONSEPDANMINAT BELAJAR SISWAKELASVIISMPN19PURWOREJO TAHUN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahperbedaan:(1)pemahamankonsep;dan (2)minatbelajar siswaantara siswayangdiajarmetodeproblembased learningdengan mindmappingdengansiswayangdiajar metodeceramahdenganmindmapping.Populasi penelitiansemuasiswakelasVIISMPN19Purworejo.Sampelpenelitianberjumlah64 siswayang diambiluntukdijadikan2kelaseksperimen.Instrumenpengumpulan data menggunakansoaltespemahaman konsepdan angketminatbelajar.Analisisdata menggunakan uji-t multivariatdan uji-tunivariat.Berdasarkan perhitungan uji-tmultivariat memberikankesimpulanbahwaadaperbedaanantarametode problembasedlearning dengan mind mappingdan metodeceramah denganmind mapping.Uji-tunivariatyang dilakukanpadavariabelterikatpemahamankonsepmenghasilkankesimpulkan bahwaada perbedaanpemahamankonsepyangdihasilkanolehkeduametodetersebut.Selanjutnya uji-tunivariat yangdilakukanpadavariabelterikat minatbelajarsiswa menghasilkan kesimpulkan bahwatidakadaperbedaanminatbelajar yang dihasilkan olehkedua metode tersebut.
Katakunci: ProblemBased LearningdanMind Mapping.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.