EKSPERIMENTASIMETODE PROBLEMBASED LEARNING DENGANMIND MAPPING DANCERAMAHDENGAN MIND MAPPINGTERHADAPPEMAHAMANKONSEPDANMINAT BELAJAR SISWAKELASVIISMPN19PURWOREJO TAHUN 2012/2013

Ari Indrawati Respati Wulandari, Mujiyem Sapti, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahperbedaan:(1)pemahamankonsep;dan (2)minatbelajar siswaantara siswayangdiajarmetodeproblembased learningdengan mindmappingdengansiswayangdiajar metodeceramahdenganmindmapping.Populasi penelitiansemuasiswakelasVIISMPN19Purworejo.Sampelpenelitianberjumlah64 siswayang diambiluntukdijadikan2kelaseksperimen.Instrumenpengumpulan data menggunakansoaltespemahaman konsepdan angketminatbelajar.Analisisdata menggunakan uji-t multivariatdan uji-tunivariat.Berdasarkan perhitungan uji-tmultivariat memberikankesimpulanbahwaadaperbedaanantarametode  problembasedlearning dengan mind mappingdan metodeceramah denganmind mapping.Uji-tunivariatyang dilakukanpadavariabelterikatpemahamankonsepmenghasilkankesimpulkan bahwaada perbedaanpemahamankonsepyangdihasilkanolehkeduametodetersebut.Selanjutnya uji-tunivariat yangdilakukanpadavariabelterikat minatbelajarsiswa menghasilkan kesimpulkan bahwatidakadaperbedaanminatbelajar yang dihasilkan olehkedua metode tersebut.

 

Katakunci: ProblemBased LearningdanMind Mapping.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.