PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP SISWA YANG MELAKUKAN KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMERI

Sri Muryani, Bambang Priyo Darminto, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuan untuk mengetahui:1) jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometridanpersentasenya, 2) pengaruh pembelajaran remedial berbasis multimedia untukmengatasikesalahan siswadalam menyelesaikan soal trigonometri.Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas X SMA Muhammadiyah Borobudur. Tekniksampling yang digunakanadalahsamplingjenuh, sehinggasampeldalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas X SMA Muhammadiyah Borobudur. Teknikpengumpulan data denganmetodedokumentasidantes. Instrumen yang digunakanadalahtes. Data yang diperolehkemudiandianalisismenggunakandeskripsipersentase. UjihipotesismenggunakanUji Ranking Bertanda Wilcoxon, dengannilai Zhitung= -5.91. H0ditolak karenaZhitung = -5.91 <-Zα = -1.64. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) jeniskesalahansiswadalammenyelesaikansoaltrigonometrimeliputi: (a) kesalahankonsepdenganpersentase 45.64%; (b) kesalahan perhitungandenganpersentase 58.45%; (c) kesalahanmenginterpretasikan bahasadenganpersentase 33.33%, 2) pembelajaran remedial berbasis multimedia berpengaruhbaikuntukmengatasikesalahansiswadalam menyelesaikan soaltrigonometri.

Kata kunci:remedial, multimedia, kesalahan, trigonometri


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.