PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GALAKSI DENGAN ALAT PERAGA ULAR TANGGA PADA MATERI HIMPUNAN

Kusyanti, Bambang Priyo Darminto, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun 2012/2013 pada materi himpunan yang menggunakan model pembelajaran GALAKSI lebih baik daripada model pembelajaran CTL. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun 2012/2013 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 192 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diperoleh melalui teknik simple random sampling.Sebelum diujikan, tes prestasi diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t ekor kanan dengan α= 0,05diperoleh thitung=2,0367 danttabel=1,6698. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabelsehingga Ho ditolak. Hal ini mengakibatkan menerima H1 yaitu prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun 2012/2013 pada materi himpunan yang menggunakan model pembelajaran GALAKSI lebih baik daripada model pembelajaran CTL.

 

Kata Kunci : GALAKSI, ular tangga, kooperatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.