ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN KONSEP DIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan konsep diri positif dan negatif dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial berdasarkan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dari sebagian siswa kelas VII SMP yang selanjutnya disebut subjek penelitian. Subjek penelitian yang diambil sebanyak empat siswa, terdiri dari dua siswa dengan konsep diri positif dan dua siswa dengan konsep diri negatif. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu angket konsep diri, soal tes, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dengan konsep diri positif dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial meliputi (a) kesalahan transformasi, (b) kesalahan keterampilan proses, dan (c) kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa dengan konsep diri negatif dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial meliputi (a) kesalahan memahami masalah (b) kesalahan transformasi, (c) kesalahan keterampilan proses, dan (d) kesalahan penulisan jawaban akhir.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i1.7866
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.