HUBUNGAN SPIRITUAL QUOTIENT (KECERDASAN SPIRITUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Nisa Kasanah

Abstract


Hubungan Spiritual Quotient (Kecerdasan Spiritual) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara Spiritual Quotient (Kecerdasan Spiritual) terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP di Desa Donorati.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa SMP di Desa Donorati dengan sampel penelitian berjumlah 32 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket untuk mengukur kecerdasan spiritual dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika. Teknik analisis data dengan uji prasyarat dilakukan uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat  dan uji homogenitas menggunakan uji F, serta pengujian hipotesis asosiatif untuk mencari hubungan antara kecerdasan spiritual dan hasil belajar matematika dengan uji t.Hasil penelitian; (1) kecerdasan spiritual sudah tergolong baik;(2) hasil belajar matematika sudah baik;(3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika. Kecerdasan spiritual mempengaruhi hasil belajar matematika pada siswa sebesar 37%, sedangkan 63% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i1.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.