EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STAD BERBANTUAN CABRI 3D DANALAT PERAGA SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 3 KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Puji Setiyaningsih, Puji Nugraheni, Mujiyem Sapti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahprestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga pada siswa kelas VIIISMP Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar.Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 2,379 lebihbesar dari  ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipeSTAD berbantuan Cabri 3D  memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok.

 

Kata kunci:model pembelajaran STAD, Cabri 3D, Alat peraga,  prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.