EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARANARIAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN FAKTORISASISUKU ALJABAR PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Tujuanpenelitianiniuntukmembandingkanpenerapan model pembelajaranARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan model pembelajaranekspositori.Penelitianinidilaksanakandi SMP N 8 Purworejopada materipokok bahasan faktorisasi suku aljabar kelas VIII semester I.Teknikpengumpulan data menggunakanmetodetesuntukmengetahuiprestasibelajarmatematikasiswa, sedangkanuntukmengetahuikemampuanawalsiswamenggunakanmetodedokumentasi. Dari hasilanalisis datadiperolehnilaiujisebesar1.826dengannilai tabel sebesar 1.66980, dengan. Karenanilaimaka ditolak, berartiterdapatperbedaanrerataantarakelompokeksperimendengankelompokkontrol.Reratakelompokeksperimenadalah 63.50, sedangkanreratakelompokkontroladalah 58.04.Jadi, berdasarkanhasilanalisis datatersebut, siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri 8 PurworejoTahunPelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Pembelajaran ARIAS, Prestasibelajar, Pembelajaranekspositori.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.