PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA SMK YPP PURWOREJO KELAS X TM C TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan bagaimanakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X TM C semester II SMK YPP Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen berupa lembar observasi tanggung jawab belajar siswa dan soal tes berupa tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa. Ditunjukkan dari rerata persentase tanggung jawab belajar siswa sebesar pada siklus I, meningkat menjadi pada siklus II sehingga memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar . Pada siklus I ketuntasan belajar siswa diperoleh persentase sebesar dengan rerata nilai dan meningkat menjadi rerata nilai dengan persentase pada siklus II sehingga indikator keberhasilan sebesar tercapai.
Kata kunci:tanggung jawab belajar, hasil belajar, model pembelajaran Snowball Throwing
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.