EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM POSINGDANPROBLEM SOLVINGTERHADAP PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR

Sukiman, Puji Nugraheni, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui prestasi belajar manakah yang lebih baik antara prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran problem posing dan prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran problem solving pada pokok bahasan faktorisasi aljabar siswa kelas VIII SMP PGRI Bruno tahun ajaran 2012/2013. Populasidalampenelitianini adalah semuasiswa kelas VIII SMP PGRI Bruno tahunajaran 2012/2013.Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP PGRI Bruno sebanyak 40 siswa,teknikpengambilansampel adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh.Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa populasi berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan bahwa  variansi populasi homogen dan uji keseimbangan menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama dalam matematika. Uji hipotesis menggunakan uji tdengan taraf signifikan (α)=5% menunjukkan tobs= -7,125 < 1,685= ttabelyang berarti diterima. Kesimpulan hipotesis adalah prestasi belajar matematika yang menggunakan model problem posing tidak lebih baik dibandingkan yang menggunakan model problem solving.

Kata kunci:Problem posing, Problem solving


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.