PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis etnomatematika guna meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui kelayakan LKS. LKS ini dikembangkan pada materi bangun datar segi empat. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian ini berupa angket respon siswa, tes hasil belajar, dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKS matematika berbasis etnomatematika valid dengan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,6. (2) LKS matematika berbasis etnomatematika praktis dengan kriteria baik berdasarkan skor rata-rata 3,8. (3) LKS matematika berbasis etnomatematika efektif dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata yaitu dari 58,7 menjadi 75,5 di mana berada di atas KKM yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa LKS berbasis etnomatematika ini layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: LKS, Etnomatematika, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v46i1.6760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.