PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT

Tri Indah Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran matematika menggunakan sparkol videoscribe yang layak bagi siswa SMP kelas VII dan meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat pada siswa SMP kelas VII. Kriteria kelayakan media yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Multimedia pembelajaran matematika menggunakan sparkol videoscribe telah direalisasikan dan tingkat kevalidan media mendapatkan skor rata-rata 3,79  dengan klasifikasi “sangat valid”, tingkat kepraktisan mendapatkan skor 85,5% dengan klasifikasi “sangat positif”, tingkat keefektifan mendapatkan skor 65% dengan klasifikasi “baik”. Hasil pretest dan posttest yang dianalisa menggunakan uji gain menunjukkan multimedia pembelajaran matematika menggunakan sparkol videoscribe dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat sebesar 55,01% dengan klasifikasi “sedang”. Sehingga multimedia pembelajaran matematika menggunakan sparkol videoscribe dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran bilangan bulat dan dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa SMP kelas VII.

 

Kata kunci:  Multimedia, Sparkol videoscribe, pemahaman konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v46i1.6759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.