ANALISIS LEARNING TRAJECTORY SISWA QUITTER DAN CLIMBER DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning trajectory siswa yang memiliki Adversity Quotient (AQ)tipe quitter dan tipe climberdalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengambilan subjeknya yaitu teknik purposive. Untuk teknik pengambilan datanya menggunakan kuesioner Adversity Respone Profile, tes pemecahan masalah matematika, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) learning trajectorysiswa tipe quitter dimulai dari memahami masalah dengan tulisan, dapat membuat model matematika, menentukan rencana pemecahan perbandingan berbalik nilai dengan intuisi; (2) learning trajectory siswa tipe climber dimulai dari memahami masalah dengan tulisan maupun lisan, melaksanakan rencana pemecahan perbandingan berbalik nilai dengan rumus persamaan yang ditemukan sendiri, kemudian dapat memeriksa kembali jawaban akhir dan prosesnya.Jadi learning trajectory yang membedakan dari kedua subjek adalah siswa quitterakan lebih menggunakan intuisinya, sedangkan siswa climber akan lebih menggunakan cara yang runtut dan menemukan cara yang baru.
Kata kunci: learning trajectory, pemecahan masalah, matematika, adversity quotient
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v46i1.6756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.