PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA ELEKTRONIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul matematika elektronik dengan metode problem based learning untuk Siswa SMK kelas X. (2) mengetahui kelayakan modul matematika elektronik dengan metode problem based learning untuk Siswa SMK kelas X.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research anddevelopment) yakni mengembangkan Modul Matematika Elektronik dengan Metode Problem Based Learning.Pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) dari segi kevalidan modul matematika elektronik yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,3 dalam kriteria valid; (2) dari segi kepratisan modul matematika elektronik menunjukkan perolehan presentase 84,45% dalam kriteria praktis dengan respon positif digunakan untuk siswa SMKkelas X semester I; dan (3) dari segi keefektivan modul matematika elektronik efektif dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 80,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika elektronik yang telah dikembangkan layak digunakan.
Kata Kunci: pengembangan, modul matematika elektronik, Problem Based Learning (PBL)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v46i1.6755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.