PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rizki Wijaya Ningrum, Bambang Priyo Darminto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 58,33% menjadi 73,96% pada siklus II. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa pada siklus I yakni 65,625% dan meningkat pada siklus II menjadi 75%. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I yakni 46,875% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,125%. Peningkatan rerata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,875 dengan ketuntasan klasikal 68,75% pada siklus I, dan pada siklus II rerata hasil belajar menjadi 73,75 dengan ketuntasan klasikal 71,875%.

 

Kata kunci:  Missouri Mathematics Project, aktivitas, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v45i1.6751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.