LEARNING TRAJECTORY SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH PENALARAN MATEMATIKA

Indri Andayani, Mujiyem Sapti, Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui: 1) lintasan belajar (learning trajectory) siswa dalam penyelesaian masalah penalaran matematika, 2) kendala yang dialami siswa tersebut dalam penyelesaian masalah penalaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Jetis. Penelitian ini dilaksanaka selama 6 bulan. Faktor yang diteliti berupa lintasan belajar (learning trajectory) dari penyelesaian masalah penalaran matematika materi bangun ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode triangulasi teknik hasilnya akan didapat dari perbandingan lembar tugas, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan learning trajectory siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika materi bangun ruang memiliki lintasan belajar yang berbeda-beda. Cara yang digunakan siswa tersebut saat menyelesaikan masalah penalaran matematika materi bangun ruang yang diberikan melewati beberapa langkah yang sesuai dengan algoritma learning trajectory. Siswa pun mengalami beberapa kendala dalam menyelesaikan penalaran matematika materi bangun ruang yang diberikan,yaitu saat menjabaran unsur yang diketahui dan menerapkan strategi tersebut ke dalam soal.

Kata kunci:  learning trajectory, penalaran matematika,  masalah matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v44i1.6746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.