ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 1 Prembun kelas VIII H berdasarkan teori APOS ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Prembun dengan kategori kecerdasan interpersonal masing-masing 2 siswa kategori tinggi, 4 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan interpersonal, tes kemampuan pemahaman konsep, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kategori kecerdasan interpersonal tinggi dan sedang mampu memenuhi indikator pemahaman konsep materi fungsi yaitu menyatakan ulang konsep fungsi, mengklasifikasikan contoh fungsi, dan menerapkan konsep secara algoritma dalam bentuk representasi matematika dengan memenuhi semua tahapan APOS. (2) subjek dengan kategori kecerdasan interpersonal rendah hanya memenuhi 2 indikator pemahaman konsep materi relasi dan fungsi yaitu menyatakan ulang konsep fungsi dan mengklarifikasi contoh fungsi dengan melalui tahapan APOS namun tidak mampu sampai tahap skema.
Kata kunci: pemahaman konsep, teori APOS, kecerdasan interpersonal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.