PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL MATEMATIKA MENGEKSPLORASI BATIK ADI PURWO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA SEKOLAH DASAR

Andi Andi

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan modul matematika mengeksplorasi batik Adi Purwo terhadap keterampilan proses siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment. Prosedur penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain penelitian pra-eksperimental yaitu “one group pretest postesi” dimana satu kelas di kenakan perlakuan pembelajaran menggunakan modul matematika mengeksplorasi batuk Adi Purwo setelah itu dilakukan pendeskripsian terhadap keterampilan proses. Hasil penilitian menunjukkan poengaruh keterampilan proses siswa dilihat dari hasi pre test dan post test siswa. Hasil uji Gain  terhadap pre test dan 5 menunjukkan hasil 0,73. Berdasarkan tabel rujukan hasil uji Gain menunjukkan hasil yang cukup efektif. Pengujian menggunakan Uji-t terhadap skor hasil pre test dengan skor hasil post test berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa diperoleh t-hitung  sebesar 29,54 dan nilai signifikasinya 0,05. Nilai tersebut kurang t-tabel  dengan taraf signifikansi dari 0,05 sehingga Ha diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modul matematika mengeksplorasi batik Adi Purwo terhadap keterampilan proses siswa Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: batik Adi Purwo, etnomatematika, modul

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.