PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL MATEMATIKA MENGEKSPLORASI BATIK ADI PURWO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan modul matematika mengeksplorasi batik Adi Purwo terhadap keterampilan proses siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment. Prosedur penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain penelitian pra-eksperimental yaitu “one group pretest postesi” dimana satu kelas di kenakan perlakuan pembelajaran menggunakan modul matematika mengeksplorasi batuk Adi Purwo setelah itu dilakukan pendeskripsian terhadap keterampilan proses. Hasil penilitian menunjukkan poengaruh keterampilan proses siswa dilihat dari hasi pre test dan post test siswa. Hasil uji Gain terhadap pre test dan 5 menunjukkan hasil 0,73. Berdasarkan tabel rujukan hasil uji Gain menunjukkan hasil yang cukup efektif. Pengujian menggunakan Uji-t terhadap skor hasil pre test dengan skor hasil post test berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa diperoleh t-hitung sebesar 29,54 dan nilai signifikasinya 0,05. Nilai tersebut kurang t-tabel dengan taraf signifikansi dari 0,05 sehingga Ha diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modul matematika mengeksplorasi batik Adi Purwo terhadap keterampilan proses siswa Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: batik Adi Purwo, etnomatematika, modul
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.