KOMPARASI KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik; serta (2) untuk mengetahui adakah perbedaan kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan (1) kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar gaya auditorial, visual dan kinestetik kurang dari atau sama dengan 75, (2) a. tidak terdapat perbedaan kecerdasan linguistik verbal antara siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik, b. terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. Berdasarkan uji hipotesis komparatif, maka kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik.
Kata kunci: kecerdasan linguistik verbal, gaya belajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.