KOMPARASI KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Sri Wahyuni, Budiyono Budiyono, Puji Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar kecerdasan linguistik verbal dan ke­­mampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik; serta (2) untuk mengetahui adakah perbedaan kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang me­miliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. Metode pengumpulan data meng­guna­kan angket dan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan (1) ke­cerdasan linguistik verbal dan kemampuan me­nyelesai­kan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar gaya auditorial, visual dan kinestetik kurang dari atau sama dengan 75, (2) a. tidak terdapat per­­bedaan ke­­cerdasan linguistik verbal antara siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik, b. terdapat perbedaan ke­­mampu­an menyelesaikan soal cerita mate­matika antara siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik. Berdasarkan uji hipotesis komparatif, maka kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik.

Kata kunci: kecerdasan linguistik verbal, gaya belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.