PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN MIKRO DENGAN METODE AUTHENTIC ASSESSMENT PADA TAHAPAN PRELIMINARY DESIGN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain instrumen penilaian pembelajaran mikro dengan metode authentic assessment pada tahapan preliminary design. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan mengacu pada design research yang terdiri dari preliminary design, teaching experiment, dan analisis retrospektif. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Pada tahap preliminary design dilakukan analisis kebutuhan, desain instrumen, validasi ahli dan revisi tahap awal. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa instrumen penilaian perlu dikembangkan pada rubrik dan komponen sikap, pengetahuan, serta motivasi. Pada tahap ini juga dilakukan desain instrumen penilaian dengan metode authentic assessment. Pada validasi ahli diperoleh hasil, (1) validasi ahli materi dengan skor 4,62 termasuk kategori sangat valid; (2) validasi ahli keterbacaan dengan skor 4,50 termasuk kategori sangat valid; dan (3) validasi ahli penilaian dengan skor 4,40 termasuk kategori sangat valid. Dari hasil validasi diperoleh saran yang digunakan untuk merevisi tahap awal.
Kata kunci: Authentic assessment, preliminary design
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.