PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT PADA SISWA

Fitri Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan (valid, praktis, dan efektif) LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep segiempat pada siswa SMP. Tahap berpikir Van Hiele yang digunakan dalam penelitian ini adalah (0) tahap Visualisasi, (1) tahap Analisis dan (2) tahap Deduksi Informal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis tahap berpikir Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep segiempat pada siswa SMP. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE. Kevalidan LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele diketahui dengan melihat hasil penilaian dan saran dari ahli materi dan media. Kepraktisan LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele diketahui dengan melihat hasil respon siswa dengan kriteria yang telah ditentukan. Keefektifan LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele dengan melihat hasil ketuntasan belajar. Berdasarkan analisis seluruh data yang didapat dari penelitian tersebut diperoleh bahwa: (1) LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele valid untuk meningkatkan pemahaman konsep segiempat, (2) LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele praktis artinya mudah digunakan oleh siswa, (3) LKS Matematika berbasis tahap berpikir Van Hiele efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep segiempat.

 

Kata kunci:          Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Tahap Berpikir Van Hiele, Pemahaman Konsep Segiempat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.