ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

Edi Sulaeman Kelana, Supriyono Supriyono, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi pada siswa SMP dalam menyelesaikan masalah kubus dan balok ditinjau dari tingkat berpikir van Hiele. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 33 Purworejo kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019 yang diberikan tes VHGT. Secara purposive diperoleh 6 subjek penelitian, yakni tingkat 0 (visualisasi) 2 subjek, tingkat 1 (analisis)  2 subjek, dan tingkat 2 (deduksi informal) 2 subjek. Pengumpulan data menggunakan lembar tes penalaran analogi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat berpikir van Hiele tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), dan tingkat 2 (deduksi informal) memiliki kemampuan penalaran analogi tahap encoding, tahap inferring, dan tahap mapping, sebagai berikut: mampu mengidentifikasi ciri-ciri atau struktur yang terdapat pada masalah sumber dan masalah target ke dalam suatu simbol atau istilah yang berkaitan dengan ukuran-ukuran panjang, lebar, dan tinggi suatu balok maupun kubus; mampu mencari hubungan antara masalah sumber dan masalah target dengan jalan menyelesaikan masalah sumber, yakni tentang luas permukaan dan volume suatu balok maupun kubus; serta mampu menjelaskan kesamaan masalah sumber dan masalah target yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume suatu balok maupun kubus. Tingkat berpikir  van Hiele tingkat 2 (deduksi informal) untuk tahap applying belum sempurna dalam menyelesaikan masalah target berdasarkan hubungan atau kesamaan dengan masalah sumber, terutama yang berkaitan dengan luas permukaan kubus.

Kata kunci:penalaran analogi, tingkat berpikir van Hiele, kubus dan balok.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v41i1.6052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.