HUBUNGAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Temon tahun pelajaran 2017/2018 dalam menguasai operasi hitung bilangan pecahan; (2) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Temon tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal cerita matematika; (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan operasi hitung bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Temon tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif assosiatif. Populasi ini seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Temon sebanyak 256 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Diperoleh sampel sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan data dengan metode tes. Teknik pengolahan data menggunakan chi kuadrat, uji F, dan uji t. Hasil penelitian diperoleh rerata penguasaan operasi hitung bilangan pecahan dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika tidak lebih dari 75. Dari pengujian hipotesis hubungan nilai penguasaan operasi hitung bilangan pecahan dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,437. Hasil perhitungan uji t menunjukkan besar harga > atau 2,854 > 2,000 maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan operasi hitung bilangan pecahan dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika.
Kata kunci: operasi hitung, bilangan pecahan, soal cerita matematikaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v41i1.6049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.