IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING BERBANTU ALAT PERAGA BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang dikenai model pembelajaran Quantum Teaching berbantu alat peraga berbasis etnomatematika lebih baik dari siswa yang dikenai model pembelajaran Ekspositori berbantu alat peraga berbasis etnomatematika siswa kelas VII SMP N 12 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa metode tes. Instrumen penelitian berupa tes komunikasi matematis yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Model pembelajaran Quatum Teaching berbantu alat peraga berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Ekspositori berbantu alat peraga berbasis etnomatematika, karena Quantum Teaching berbantu alat peraga berbasis etnomatematika, pola yang digunakan dalam Quatum Teaching yaitu TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demostrasikan, Ulangi, Rayakan) sehingga siswa menjadi lebih efektif dalam menerima pembelajaran materi bilangan.
Kata kunci: Quantum Teaching, Etnomatematika, komunikasi matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v41i1.6047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.