TINGKAT LITERASI MATEMATIS KONTEN SPACE AND SHAPE PADA SISWA VISUALIZER

Aditya Malinda, Erni Puji Astuti, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tingkat literasi matematis konten space and shape pada siswa visualizer. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Purworejo. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive dan snowball. Pemilihan subjek menggunakan instrumen Visualizer and Verbalizer Questioner (VVQ) dan pertimbangan guru. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi matematis pada siswa visualizer mampu mencapai level 2. Siswa visualize menyelesaikan tes tidak menggunakan ilustrasi gambar lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukurannya untuk mencari luas, tetapi menggunakan imajinasinya untuk memvisualisasikan permasalahan tersebut  agar terlihat lebih nyata.

Kata kunci: tingkat literasi matematis, konten space and shape, visualizer

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v41i1.6045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.