EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model TAI memberikan motivasi dan hasil belajar yang lebih baik daripada metode ekspositori bagi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Teknik pengolahan data menggunakan statistik multivariat Hotelling’s T2 dilanjutkan uji t univariat. Hasil analisis data menunjukan nilai rerata motivasi dan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) diperoleh 40.594 dan 66.094. Sedangkan rerata motivasi dan hasil belajar menggunakan metode ekspositori diperoleh 38.594 dan 58.75. Uji multivariat menunjukkan bahwa rerata motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol. Setelah dilanjutkan perhitungan uji t univariat menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika dengan metode kooperatif tipe TAI tidak sama dengan metode ekspositori. Dari rerata motivasi dan hasil belajar, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar dengan model TAI lebih baik daripada metode ekspositori.
Kata kunci: TAI, motivasi, hasil Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v4i1.602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.