EKSPERIMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN 2012/2013

Sigit Andriawan

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salaman Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yang masing-masing kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen II. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda yang berjumlah 24 soal. Rata-rata nilai hasil tes kelas eksperimen I adalah 61,84 dan nilai kelas eksperimen II adalah 68,95. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =  dan ttabel = t(0,05)(75) = . Karena thitung DK dengan DK={t} maka  diterima dan H1 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen I tidak lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelompok eksperimen II.

 

Kata kunci: pembelajaran, Think Talk Write, Numbered Heads Together, hasil belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v4i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.