EKSPERIMENTASI METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Marina, Nila Kurniasih, Teguh Wibowo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Quantum Learning menghasilkan motivasi dan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Ngombol tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP semester gasal se-Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas VIIIA SMP N 30 Purworejo sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa, kelas VIIIB SMP Pembaharuan Purworejo sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Kelas eksperimen menggunakan metode Quantum Learning, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Metode dokumentasi dari nilai UAS kelas VII semester genap digunakan uji keseimbangan, metode angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar matematika dan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika. Analisis instrumen tes menggunakan validitas tes dengan korelasi Product Moment dengan angka kasar dan reliabilitas tes menggunakan rumus Kuder Richardson (KR-20), sedangkan analisis butir tes dengan uji daya pembeda dan taraf kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari pada rerata motivasi dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori pada materi aljabar.

 

Kata kunci: Quantum Learning, aljabar, ekspositori


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

ISSN 2337-4411