EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Mariyatun Mariyatun

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yangpembelajarannya menggunakanmodel pembelajaran Kooperatif Tipe  Team Assisted Individualization  (TAI) dengan Scaffoldinglebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe  Team Assisted Individualization  (TAI) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo sebanyak 191 siswa dengan sampel 63 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe TAI dengan Scaffolding dan kelas VIII G yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi dan metode tes.Instrumen penelitian berupa tes pemecahan masalah matematika yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi  α = 0,05. Berdasarkan analisis data, diperoleh thitung sebesar 6,301 dan ttabel sebesar 1,645, karena thitung DK maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe  Team Assisted Individualization  (TAI) dengan Scaffoldinglebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe  Team Assisted Individualization  (TAI).

 

Kata kunci:Team Assisted Individualization, Scaffolding, pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v40i1.5848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.