KORELASI NILAI RAPOR MATEMATIKA DAN NILAI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PADURESO

Eka Rosiana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar rerata nilai rapor matematika; (2) seberapa besar rerata nilai ujian sekolah berstandar nasional ma-tematika; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara  nilai rapor mate-matika dan nilai ujian sekolah berstandar nasional matematika sekolah dasar negeri se-Kecamatan Padureso tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang telah lulus dari SD Negeri se-Kecamatan Padureso tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 264 siswa dengan sampel sebanyak 49 siswa. Pengambilan sampel menggunakan gabungan teknik sampling Proportionate Random Sampling dan Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Untuk menguji hipotesis digunakan Run Test dan Kendal Tau. Hasil penelitian diperoleh rerata nilai rapor mate-matika sebesar 72,08 yang berarti kurang dari 75 dan rerata ujian sekolah berstandar nasional matematika sebesar 68,22 yang berarti lebih dari 55. Dari pengujian hipotesis hubungan nilai rapor matematika dan nilai USBN matematika diperoleh koefisien kore-lasi sebesar 0, 32. Hasil perhitungan uji z dengan taraf signifikan 5% menunjukkan besar harga  atau   maka H0 ditolak, hal ini berarti terdapat hu-bungan yang positif dan signifikan antara nilai rapor matematika dan nilai ujian sekolah berstandar nasional matematika.

 

Kata kunci: nilai rapor matematika, nilai USBN SD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v39i1.5842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.