PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN PENGUATAN LITERASI MATEMATIS PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis masalah dengan penguatan literasi matematis pada materi himpunan sebagai sumber belajar untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini mengambil tempat di SMPN 26 Purworejo semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil angket penilaian ahli media dan ahli materi terhadap modul yang dikembangkan sebesar 3,56 dinyatakan sangat valid. Berdasarkan angket respon siswa, penilaian terhadap modul yang telah dikembangkan sebesar 3,18 dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil tes literasi siswa dilihat dari persentase ketuntasan sebesar 64,5% dinyatakan baik, maka modul yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, modul matematika berbasis masalah dengan penguatan literasi matematis dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP dan dapat membantu siswa untuk mengembangkan literasi matematis.
Kata kunci: modul, literasi matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v39i1.5835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.