KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Chalimahtus Sadiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siswa yang memiliki gaya kognitif sistematis dan intuitif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data meliputi: tes CSI, tes pemecahan masalah matematika, catatan lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif sistematis mampu melibatkan keterampilan perencanaan pada tahap memahami masalah dan merencanakan pemecahan. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa kurang terampil menggunakan keterampilan monitoring karena tidak mampu memikirkan alternatif penyelesaian, tetapi sadar terhadap strategi yang digunakan. Pada tahap memeriksa kembali, siswa tidak melibatkan keterampilan evaluasi. Sedangkan siswa bergaya kognitif intuitif mampu melibatkan keterampilan perencanaan pada tahap memahami masalah dan merencanakan pemecahan. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa tidak melibatkan keterampilan monitoring karena siswa tidak sadar terhadap strategi yang digunakan, cenderung kurang teliti dan tidak mampu memikirkan alternatif penyelesaian. Pada memeriksa kembali, siswa tidak mampu melibatkan keterampilan evaluasi.

Kata kunci: keterampilan metakognitif, sistematis, intuitif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v36i1.5322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.