KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA
Abstract
Tujuan penelitian iniuntuk mengetahuiketerampilan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan intelektual siswa.Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif dengan pendekatan fenonomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data, dan simpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah matematika dari siswa yang memiliki kecerdasan intelektual rendah tergolong cukup, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi tergolong baik. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan kecerdasan intelektual rendah dalam aspek menganalisis termasuk dalam kategori penilaian sangat baik, aspek mengevaluasi termasuk dalam kategori penilaian cukup, dan aspek mengkreasi termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pemecahan masalah matematika dari aspek menganalisis termasuk dalam kategori sangat baik, aspek menganalisis termasuk dalam kategori penilaian baik, dan mengkreasi termasuk dalam kategori cukup.
Kata kunci: berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah matematika, kecerdasan intelektual
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v36i1.5321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.