STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAPPS DAN GI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Sugestin Indra S, Bambang Priyo Darminto, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X TN SMK Negeri 1 Kebumen tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain the matching static group comparison design (rancangan perbandingan statis dengan pemadanan). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X TN SMK Negeri 1 Kebumen tahun 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas X TN SMK Negeri 1 Kebumen tahun 2017/2018.

Kata kunci: TAPPS, GI, kemampuan pemecahan masalah matematika.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v35i1.5275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.