TINGKAT METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA FIELD DEPENDENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada siswa field dependent. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Purworejo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan snowball. Pemilihan subjek menggunakan instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT) dan pertimbangan guru. Pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat metakognisi dalam memecahkan masalah matematika pada siswa field dependent adalah aware use, artinya siswa hanya menjelaskan sebagian apa yang diketahui dan ditanyakan, mengalami kesulitan dan kebingungan terhadap rumus dan cara menghitung yang digunakan, tidak dapat melanjutkan apa yang akan dikerjakan, dan melakukan pengecekan kembali namun tidak yakin terhadap hasil yang diperoleh.
Kata kunci: tingkat metakognisi, pemecahan masalah matematika, field dependent
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v35i1.5274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.