PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Rahayuningsih Rahayuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Purworejo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia semester gasal tahun akademik 2017/2018 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 2 Purworejo. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 69,91 %. Pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar siswa yaitu 78,97 %. Model PBL juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, pada pra siklus rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 46,88 %, siklus I rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 78,13%, siklus II meningkat menjadi 90,63 %.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar, Matematika.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070