PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RODA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PECAHAN

Esti Laras Sati, Nila Kurniasih, Sriyono Sriyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kelayakan alat peraga matematika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa, (2) peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan alat peraga yang dikembangkan,dan (3) respon siswa selama pembelajaran menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil analisis data yaitu: (1) Hasil validasi alat peraga matematika dari tiga validator mendapatkan nilai 3,7 dengan kategori baik sekali, (2) peningkatan pemahaman siswa pada uji coba luas memperoleh N-gain 0,506 dengan kategori peningkatan sedang. (3) respon siswa terhadap alat peraga matematika roda pecahan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada uji coba terbatas menghasilkan 79% dengan kategori baik, uji coba luas menghasilkan 89% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, alat peraga matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

 

Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga Matematika, Pemahaman,Pembelajaran Matematika.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070