KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEAs TERHADAP KESULITAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih rendah daripada model pembelajaran Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs dengan model pembelajaran Konvensional, 5) Model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar yang diajar menggunakan model MEAs lebih rendah daripada model Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model MEAs dengan model Konvensional, 5) Model MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Keefektifan, MEAs, Kesulitan Belajar, Prestasi Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v35i1.5267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.