KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEAs TERHADAP KESULITAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Alfi Riana, Isnani Isnani, Wikan Budi Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih rendah daripada model pembelajaran Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MEAs dengan model pembelajaran Konvensional, 5) Model pembelajaran MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model MEAs mencapai target, 2) kesulitan belajar yang diajar menggunakan model MEAs lebih rendah daripada model Konvensional, 3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model MEA lebih baik daripada model Konvensional, 4) ada perbedaan kesulitan belajar dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model MEAs dengan model Konvensional, 5) Model MEAs lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional terhadap kesulitan belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci : Keefektifan, MEAs, Kesulitan Belajar, Prestasi Belajar.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070