IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWASMP KELAS VIII

Siti Watingah, Bambang Priyo Darminto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajarankooperatif tipeTPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswayang dikenai model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018 yang dimaksudkan pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajarankooperatif tipeTPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswayang dikenai model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci:prestasi belajar matematika, Think Pair Share, Konvensional


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070