PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP/MTs Se KECAMATAN ALIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara (1) kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika; (2)kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika; (3)kemampuan verbal dan kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, karena dalam penelitian ini tidak dilakukan perlakuan apapun terhadap variabel penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi linier ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji keberartian, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)ada pengaruh antara kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika; (2)pengaruh antara kemampuan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika matematika; (3)ada pengaruh antara kemampuan verbal dan berhitung terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan verbal dan kemampuan berhitung maka semakin baik pula kemampuan menyelesaikan soal cerita matematikanya.
Kata kunci: kemampuan verbal, berhitung, soal cerita matematika.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v35i1.5263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.