MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 25 PURWOREJO TAHUN 2012/2013

Uli Aqiatun Rohmah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo tahun 2012/2013 pada materi bilangan bulat melalui strategi pembelajaran peta konsep. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata pemahaman konsep siswa pada siklus I mencapai 62,29 dengan ketuntasan klasikal 65,62% dan pada siklus II sudah mencapai 70,25 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Peningkatan hasil rerata pada penelitian ini sebesar 7,96 dengan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 15,63%. Ini berarti hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci : strategi pembelajaran, peta konsep, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.