EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V SE-GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN SRUWENG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang siswa SD kelas V se-gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Budi Utomo kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari lima SD negeri dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 132 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes prestasi belajar matematika. Validitas instrumen diuji menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0.05 menunjukkan tobs sebesar 0.354 lebihkecil dari ttabel sebesar 1.645 sehingga H0 diterima ini berarti model pembelajaran teams games tournament tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran ekspositiri pada materi bangun ruang terhadap peserta didik kelas V SD se-Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2011/2012.
Kata kunci: Teams Games Tournament, bangun ruang, model pembelajaran ekspositori
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.